koran wong dermayu asli

Indramayu Post

Sabtu, 23 Mei 2009

Masinis.........

Masinis
..............seringnya aku naik lokomotif and..bayar ama stokernya..he..he but..ada sedikit tulisan tentang masinis....

Masinis adalah orang yg mengendalikan sebuah lokomotif untuk menarik rangkaian kereta api.Tapi selama ini pekerjaan sebagai masinis kurang mendapat pengakuan dari kalangan masyarakat,karna sebagian masyarakat menganggap bahwa masinis tugasnya hanya menjalankan,mengerem dan memberi peringatan dgn cara menarik tuas klakson tidak usah menyetir.Tapi sebenarnya tugas masinis sangat berat dibandingkan pengemudi transportasi darat lainnya,masinis harus bisa membaca sinyal,mengendalikan kereta dgn hati2 agar tidak terjadi sesuatu yg tidak diinginkan,harus selalu berkomunikasi dgn asisten ataupun petugas stasiun lewat radio,masinis juga membawa ribuan nyawa hanya dengan tangan kirinya

Perhitungan dalam menjalankan sebuah kereta sangat diperlukan,sebagai masinis harus mempunyai kemampuan ilmu fisika yg sangat baik,dikarenakan diperjalanan kereta tidak lepas dari yg namanya fisika,contoh dalam hal yg paling mendasar yaitu pengereman,pengereman itu tidak hanya mengerem sesuka hati,harus ada perhitungannya,misalkan kereta akan berhenti di sebuah stasiun yg jaraknya kira2 500 m lagi didepan,dgn kecepatan 50km/jam masinis harus mempunyai perhitungan yg pas agar KA tidak melanggar/melewati sinyal keluar dan telalu cepat berhenti,oleh karena itu fisika sangat bermain disini.Dalam tikungan,masinis harus tahu berapa derajat tikungan tersebut,dan kecepatan harus dibatasi agar tidak anjlok.Di sebuah jembatan kecepatan KA pun dibatasi,jika terlalu cepat KA akan……terjun bebas ke dalam jurang,jika terlalu lambat,belum tentu jembatan mampu menopang KA yg berjalan lambat,karna rata2 jembatan kuat menopang pada saat KA sedang berjalan dlm kecepatan tertentu.

Selain itu,masalah keadaan rel dan bantalannya harus diperhatikan,karna jika rel ataupun bantalannya kedaanya kurang baik,misalkan dgn menggunakan bantalan kayu,kecepatan KA harus dibatasi,jika tidak KA akan anjlok karena bantalan tidak kuat menahan berat KA,bantalan tersebut akan mempengaruhi kestabilan sebuah rangkaian KA dan keadaan rel juga sangat mempengaruhi KA,dan masih banyak lagi tugas masinis yg sangat berat.

Selain factor eksternal tadi,ada factor internal seperti kelelahan masinis,kurangnya penglihatan,stress yg mengakabitkan kurangnya konsentrasi dalam menjalankan sebuah KA,yg bisa mengakibatkan kecelakaan.Suasana memang dalam cabin tuh emang panas,banyaknya getaran akibat bekerjanya mesin,getaran tersebut lama kelamaan akan mengakibatkan stess berat.Hal seperti yg sering terjadi,seperti kecelakaan di Gubug,masinis KA Ekonomi sudah lelah menunggu.Akibatnya dia menjalankan KA tanpa isyarat apa2 dari PPKA sta.Gubug.Oleh karena itu kenyamanan dalam kabin loko tuh harus diperhatikan.

Semua berita ini saya dapatkan ketika saya melihat langsung kerja masinis bagaimana,dari berbagai media tentang suka duka seorang masinis dan saya Tanya langsung kepada masinis.Oleh karena itu,masinis pekerjaannya jangan dianggap enteng,dia hanya bawa ribuan nyawa hanya dengan tangan kirinya.

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR

JATIBARANG INDRAMAYU | To Blogger by Jatibarang Blogger | Entries (RSS) and Comments (RSS).